Sunday, February 9, 2020

Pendidikan Abad 21


Siapkah kita menghadapi pendidikan Abad 21?  Abad 21 adalah abad yang memiliki perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat pesat. Menunggu revolusi pendidikan, banyak hal yang seharusnya sudah disiapkan dari sekarang. Jika tidak ada kesiapan dari masyarakat, maka tantangan yang muncul akibat revolusi ini akan sulit diatasi. 
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mengubah gaya hidup manusia dalam segala aspek kegiatan. Perkembangan teknologi juga dapat dengan mudah memasuki dunia pendidikan. Pada era revolusi ini, teknologi lah yang menjadi tonggak pendidikan. Peran guru akan berkurang karena digantikan oleh video-video pembelajaran yang beredar di internet. Gedung-gedung sekolah juga akan berkurang karena pada era ini pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.Akses pendidikan memang menjadi lebih mudah. Namun,pihak sekolah tetap dituntut untuk menghasilkan output siswa yang mampu bersaing dan siap bekerja. Untuk menyesuaikan dengan pendidikan Abad 21, kita bisa mencontoh salah satu sistem pendidikan Negara maju, yaps Amerika contohnya.

S
istem pendidikan Amerika menawarkan banyak pilihan untuk mahasiswa internasional. Ketika Anda memulai pencarian, mahasiswa dapat kewalahan dalam memilih universitas yang akan dituju, program apa yang dipilih, serta lokasi. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenal sistem pendidikan di Amerika. Pemahaman sistem ini akan membantu Anda untuk mempersempit pilihan studi serta membangun rencana studi Anda.
Struktur Pendidikan
Sekolah Primer dan Sekunder
Sistem Penilaian
Seperti layaknya pelajar Amerika, Anda harus mengirimkan transkrip akademik sebagai bagian dari pendaftaran untuk penerimaan masuk ke universitas atau college. Transkrip akademik yang memenuhi syarat adalah pernyataan resmi dari nilai akademik Anda. Di A.S., transkrip akademik termasuk "grade (nilai)" dan "Grade Point Average (GPA)/Index Prestasi Kumulatif (IPK), yang merupakan ukuran dari pencapaian akademik Anda dan kemudian dilanjutkan sepanjang tahun.
Tahun akademik terdiri dari dua term yang disebut sebagai "semester." (beberapa perguruan tinggi menggunakan tiga term kalender yang disebut sebagai sistem "trimester"). Sebagian lagi menggunakan sistem kuarter dari empat term, termasuk sesi pilihan musim panas. Pada dasarnya, Anda tidak menghitung sesi musim panas, tahun akademik terdiri dari dua semester atau tiga term kuarter.
Jenis Pendidikan Tinggi Amerika
1. Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri
Perguruan tinggi negeri didukung dan dijalankan oleh negara bagian atau pemerintah lokal. Setiap 50 negara bagian A.S. mempunyai paling sedikit satu universitas negeri dan beberapa college negeri. Banyak dari perguruan tinggi negeri ini mempunyai nama dari negara bagian, atau kata "state (negara bagian)" di dalam nama perguruan tinggi mereka: sebagai contoh, Washington State University dan University of Michigan.
2. Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta
Perguruan tinggi ini dijalankan secara swasta. Biaya kuliah biasanya lebih tinggi dari perguruan tinggi negeri. Seringkali, universitas dan perguruan tinggi swasta A.S. lebih kecil daripada perguruan tinggi negeri.
Universitas dan college yang berhubungan dengan agama adalah college swasta. Perguruan tinggi ini menerima mahasiswa yang berbeda agama dan kepercayaan. Tetapi ada sebagian kecil perguruan tinggi yang lebih mengharapkan untuk menerima mahasiswa yang berkeyakinan sama.
3. Community College (Perguruan Tinggi Dua Tahun)
Community college adalah perguruan tinggi dua-tahun yang memberikan gelar associate (diploma) yang dapat ditransfer, dan juga sertifikasi. Ada banyak jenis gelar associate, tetapi faktor yang membedakan adalah apakah gelar tersebut dapat ditransfer atau tidak. Biasanya, ada dua jalur gelar primer: satu untuk transfer akademik dan yang lainnya untuk mempersiapkan mahasiswa mendapatkan pekerjaan secara langsung. Gelar universitas yang dapat ditransfer umumnya associate of arts (diploma seni) atau associate of science (diploma sains).
Yang tidak dapat ditransfer adalah gelar associate of applied science (diploma sains aplikasi) dan certificates of completion (sertifikat kelulusan).
Jika Anda tidak berencana untuk memperoleh gelar yang lebih tinggi dari associate, Anda harus menemukan apakah gelar associate akan berguna untuk menemukan pekerjaan di negara asal Anda.
4. Institute of Technology (Lembaga Teknologi)
Institute of Technology adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan sains dan teknologi selama paling sedikit empat tahun. Beberapa mempunyai program graduate, yang lainnya menawarkan mata kuliah jangka pendek.


No comments:

Post a Comment